Selasa, Agustus 05, 2008

Resensi Buku Arkanul Islam

Judul Buku : Arkanul Islam
Karya : Dr. Abdullah Mahmud Syahatah
Penerbit : Maktabah al-Usrah, Kairo Mesir

Dilandasi sebuah hadits Nabi Muhammad yang sangat masyhur: "Islam dibangun atas lima pondasi; persaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa ramadhan dan haji", penulis buku ini, Abdullah Syahatah melihat urgensitas umat Islam mempelajarinya.

Secara ringkas, penulis mendeskripsikan lima pondasi ini dalam mukaddimahnya. Pondasi pertama; pengakuan terhadap eksistensi dan keesaan Allah serta Muhammad adalah utusan Allah yang telah menjalankan misi dan amanat yang telah diembankan kepadanya.
Pondasi kedua; shalat sebagai ikatan jiwa antara khalik dengan makhluk-Nya. Shalat adalah ibadah yang dapat menghadirkan kebesaran Tuhan di hati manusia. Di samping shalat jamaah dan jum'ah yang dapat dijadikan simbol ikatan dan persatuan kaum muslimin, juga sebagai sarana untuk saling mengenal dan bekerjasama. Shalat juga dapat menyucikan diri dari perbuatan maksiat.
Pondasi ketiga; zakat adalah aturan Tuhan yang mengandung pendidikan bagi orang kaya, kasih sayang terhadap fakir miskin, pensyukuran nikmat Allah dan sarana untuk mencegah manusia terjerumus ke dalam berbagai penyakit jiwa seperti iri dan pelit.
Pondasi keempat; puasa adalah sarana untuk mendidik jiwa dan membebaskannya dari lingkaran nafsu. Sebagai bentuk pengendalian diri dari segala keinginan serta membebaskan hati dari sifat egoisme. Dan menjadi orang yang selalu merasa diawasi oleh Allah.
Pondasi kelima; haji adalah konferensi terbesar yang mempertemukan umat Islam dari berbagai belahan dunia tanpa membedakan jenis, ras dan warna kulit. Dengan berkumpulnya umat Islam di satu tempat, bersama-sama dalam berdoa, menjadi sarana untuk memperkuat tauhid.
Menjadi jelaslah bahwa tujuan dari lima pondasi Islam itu tidak lain adalah untuk kemaslahatan dan kebahagiaan manusia, karena seluruh pondasi itu merupakan sarana dan jalan menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.
Buku ini memuat lengkap keempat ibadah di atas, yaitu shalat, zakat, puasa dan haji dengan penjelasan yang konkrit dan jauh dari kesan bertele-tele. Sehingga buku ini sangat cocok sekali bagi orang yang ingin mengetahui dan mendalami ibadah-badah dalam Islam.
Dalam daftar isi buku, penulis terlihat sangat ingin menjelaskan berbagai ibadah-ibadah itu dengan detail agar pembaca mendapatkan referensi yang komprehensif dan integral.

Arif Syibromalizi, Lc.

Tidak ada komentar: